Rabu, 21 Mei 2008

HMI Cabang Bukittinggi Adakan Seminar dan Pelatihan Wirausaha

Oleh : Muhammad Subhan
21-Jan-2007, 23:08:31 WIB
Oleh: Muhammad Subhan

BUKITTINGGI: Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bukittinggi bekerjasama dengan DPD Partai Golkar, Sabtu (20/1), menggelar Seminar dan Pelatihan Kewirausahaan. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari mulai Sabtu hingga Ahad (21/1) kemarin, mengangkat tema "Stategi Pengembangan Jejaring Usaha sebagai Modal Dasar Upaya Pembangunan Kewirausahaan". Ketua Umum HMI Cabang Bukittinggi Rizal Akbar didampingi Ketua Panitia Pendi S mengatakan, kegiatan itu dilatarbelakangi dengan melihat kondisi bangsa Indonesia yang selalu terpuruk soal ekonomi. "Kemiskinan dan pengagguran setiap saat terus meningkat. Pelatihan ini kami harapkan dapat memberikan input dengan terciptanya kader-kader HMI yang dapat terjun di bidang kewirausahaan," ujarnya.

Wakil Walikota Bukittinggi Drs. H. Ismet Amziz yang membuka kegiatan itu mengatakan, di Bukittinggi saat ini terdapat lebih 12 ribu unit usaha yang tersebar di empat bidang unggulan, yaitu pendidikan, pelayanan kesehatan, pariwisata serta perdagangan dan jasa. "

Keempat sektor unggulan itu membutuhkan tenaga-tenaga terampil yang memiliki SDM, menguasai teknologi, mampu menyikapi peluang pasar serta memiliki jejaring," ujarnya. Ketua DPD Partai Golkar Bukittinggi H. Trismon mengatakan, kerjasama yang dilakukan antara DPD Partai Golkar dengan HMI tidak terkait politik. Kapasitas Partai Golkar sebatas memberikan dukungan dan memfasilitasi kegiatan khsususnya nara sumber. "Dari kegiatan ini nantinya diharapkan akan memunculkan tokoh-tokoh pengusaha sukses yang akan membangun bangsa ke arah yang lebih baik," katanya.

Sementara itu, pengusaha sukses tingkat Nasional yang juga anggota DPR RI Dr. Azwir Dainy Tara tampil menjadi pembicara dengan makalah berjudul "Teknik Mengelola Bisnis Usaha". Narasumber lainnya Ketua Gapensi Sumbar H. Leonardi Harmaini (Menjadi Penguasa sebagai Jalan Hidup), Wakil Ketua Gapensi Sumbar (Dasar-dasar Kewirausahaan), Komisaris PT Semen Padang/Mantan Ketua Kadin Sumbar H. Basril Djabar (Teknik Membaca Peluang Usaha), Wakil Ketua Kadin Indonesia DR Pompida Hidayatullah (Manajemen Bisnis), Ketua Partai Golkar dan Ketua DPRD Bukittinggi H. Trismon, S.H., dan Ketua Kadin Sumbar (Teknik dan Praktek Pembuatan Proposal).Seminar dan Pelatihan Kewirausahaan itu diikuti 70 peserta yang terdiri dari utusan BEM se Kota Bukittinggi, OKP, Karang Taruna dan kader-kader HMI se Kota Bukittinggi. ***

Sumber: [www.kabarindonesia.com]

Tidak ada komentar: