Selasa, 15 Januari 2008

Kalla: Saya Masih Dikira Bendahara HMI

Padang, 19 Oktober 2007
(Majalah Gatra)


Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla meresmikan gedung Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Padang, Jum`at (19/10), dalam suasana santai dan penuh canda.

"Saya sudah keluar HMI lebih 40 tahun lalu yakni 1967, tapi sampai sekarang adik-adik HMI masih saja kira saya Bendahara HMI," kata Jusuf Kalla yang disambut tawa ratusan undangan.

Kalla menjelaskan, hampir setiap ada kegiatan HMI baik di pusat maupun cabang, jika menyangkut soal dana maka ia akan dihubungi.

Kendati demikian, Kalla mengaku hal itu menunjukkan bahwa hingga saat ini masih ada hubungan yang erat antara dirinya dengan HMI. Kalla sendiri adalah adalah mantan Ketua Pengurus Cabang HMI Makassar dan saat ini bergabung di KAHMI.

Kalla mengungkapkan, saat kunjungannya ke Manado, Sulawesi Utara, masuk SMS (layanan pesan singkat) ke telepon seluernya, yang ternyata dari Ketua HMI Cabang Manado yang mengatakan akan melakukan training intermedia.

Kalla menceritakan pula saat ada aksi demonstrasi di depan kantor Istana Wapres, Jakarta. Saat itu, Kalla melihat yang melakukan aksi demo anggota HMI.

"Tapi anak-anak HMI ini kadang agak kurang ajar juga. Masa` demo HMI di depan Kantor Wapres. Ada SMS, `bang kita demo di depan (Kantor Wapres --Red)`. Nah Kenapa? Kami barusan bikin training, ada hutang belum dibayar ... ha??" ungkap Kalla terheran-heran.

Namun buru-buru Kalla menambahinya dengan kalimat, "Mungkin itu balas dendam karena dulu kita juga kasih orang seperti itu.".

Sebelumnya, dalam laporan Presidium KAHMI Asri Harahap mengaku, Gedung HMI Cabang Padang ini telah empat kali dilakukan peletakan batu pertama. Namun, baru pada peletakan batu pertama yang ke empat gedung benar-benar jadi. "Tadi katanya empat kali peletakan batu. Jangan-jangan nanti peresmiannya juga empat kali. Peresmian lantai satu, peresmian lantai dua dan seterusnya. Supaya lancar (dananya)," kata Kalla yang disambut tawa lepas para undangan.

Sambil tertawa, Kalla juga menunjuk beberapa alumni HMI yang hadir antara lain Bachtiar Chamsyah, Fahmi Idris, Anas Urbaningrum, Syahrul Ujud, atau Gamawan Fauzi.

Guyonan pun terus berlanjut, bahkan pecahnya HMI menjadi dua organisasi juga menjadi obyek guyonan Kalla."Nggak apa-apa ada dua HMI. Satu HMI saja sudah hebat apalagi kalau dua HMI. Yang penting jangan berperang lah. Mau tiga HMI juga nggak apa-apa bagus malah saling bersaing," kata Kalla sambil terpingkal-pingkal.

Namun Kalla mengingatkan agar HMI tetap konsisten menjadi insan akademis. "Adik-adik HMI harus tetap ciptakan insan akademis, jangan insan demonstran, jangan asal apa saja tak boleh, apa saja salah," katanya.

Peletakan batu pertama Gedung HMI Cabang Padang tersebut dilakukan oleh Kalla pada tahun 2004 saat ia masih menjabat sebagai calon wakil presiden (cawapres). Sedangkan peresmian kali ini dilakukannya saat telah menjabat sebagai wakil presiden. "Soal sumbangan nanti adalah. Dulu cawapres sekarang sudah wapres, jadi naik 50 persen lah. Kan sudah jadi wapres, pangkatnya sudah naik. Penghasilan tak naik, tapi pangkat sudah naik," demikian Kalla. [EL, Ant]

Tidak ada komentar: